Di Techno Natura ngapain aja?

udah lama ya janji mau bahas sekolahnya Rafid ini. tapi baru sempat, nih.
tulisan sebelumnya di sini.
cerita dulu dikit. Techno Natura emang sepertinya menyengaja untuk menjadi sekolah yang "ga riuh". satu kelas maksimal cuma 12 orang, tiap level ya cuma 1 kelas itu aja, ga ada 1A, ampe 1F gitu.
saat Rafid masuk dulu statusnya pindahan dari homeschool ke Techno ya, jadi bundanya kurang tau perjuangan masuk reguler nya ternyata cukup berat. hahaha.
bulan September pokoknya harus uda siap siap mantengin situsnya Techno ya, dan kalo bisa uda download formulir Pendaftarannya . denger denger waktu ngembaliin formulir ini cuma sehari. telat ya udah lewat kesempatan.
kalo Rafid dulu, juga download formulir..ngisi data..ada nulis kelebihan kekurangannya, terus ada pertanyaan kaya apakah takut ketinggian, keramaian..semacam itu.
terus bunda ama  Rafid ngembaliin formulir ke Kantornya (dan Level SMA)Tekno di jl RTM no 16 kalo ga salah. susaaah nyarinya. ga ada papan, dan ternyata bentuknya kaya rumah aja berpagar depan gitu.
tapi dalemnya keren ternyata.
kalau SD dan SMP nya ada didalam (lalu keluar) kompleks GTA depok. nanya ama satpam yak.
setelah itu dipanggil untuk sit in.
Sit in ini proses seleksi Rafid dimata calon teman teman sekelasnya nanti.
apakah dia suka bicara kasar? ada kecenderungan mem-bully? bisakah get along ama yg lain? dan ternyata baru tau juga teman2nya memperhatikan ampe kesukaannya dia ngapain..kata kakak mentornya, Rafid dibilang suka ketawa dan suka baca hehehe.
disaat itu juga dilihat dia masuk mana dari empat kuadran yg pernah saya sebutkan dulu. apakah kreatif, logis matematis,agamis pembicara, atau, satu lagi lupak :p
naaahhh kalau lolos diterima dan dipanggillah orangtuanya pakai surat resmi, dan kemudian ketemu kepala sekolahnya. membicarakan visi sekolah dan juga pembiayaan sekolah.
saat Rafid masih 2,5jt untuk uang masuk dan tiap tahunnya segitu. ditambah uang bulanan dan THR tiap bulan itu 5% penghasilan orangtua. fair enough, eh?
naaah mulailah belajar bersama Techno.
salah satu hal yg bikin Rafid suka adalah:Techno ga pake seragam harian (dia ga mau baju berkancing :p)
dan jejeran Fischer Technique di dinding waktu itu (sekarang uda pake ruang robotik khusus).
tiap pekan ada tema Khusus misal sains isinya nanti ya percobaan2, kunjungan ke wirausahawan2 muda, pekan jualan, pekan olahraga, pekan haji, pekan bencana (isinya belajar tentang menghadapi bencana alam gitu deh. seruuu mereka pakai pelampung dan jadi penolong korban banjir).
naah satu lagi yang saya perhatikan meskipun anak anak sekarang ini kebanyakan "gila" game, komputer dan semacamnya, tapi tiap pagi lapangan Tekno penuuuh anak main bola, lari larian, man sepeda, manjat pohon. masuknya jam 8 pagi pula..passs banget mereka berjemur kena matahari.
kelas kelasnya juga terbuka dan banyak.pohon..banyak ulat juga sesekali hahahaha siap siap bawa air cucian beras yaaa buat nyitam pohon yg uletan. kalo minyak tawon kayanya Tekno ready terus hihihih
jangan salah juga, sekolah ini tiap pagi juga ada tilawah dan setor hafalan AlQuran. setelah sekolahpun Rafid mau belajar tahsin di Baitul Quran (another great place near to us).
mungkin karena ga banyak anak itu juga anak kelas atas dan bawah saling kenal.
tiap kemah (6bln sekali), mereka antar level dicampur dalam satu kelompok. jadi belajar saling menjaga.
kalo baca rapor nya, juga ga pake angka, dan ada rentang waktu pencapaian, maksudnya, kalo belum selesai  di level ini, bisa diperdalam dilevel berikutnya.
Sains mulai masuk rapor dilevel 3, menulis jg didalami di level ini.
mentornya dipanggil kakak. mereka kayanya kebanyakan anak UI deh. mentor.Rafid sekarang anak MIPA kimia UI. meskipun masi muda, tapi sepengamatanku oke. maksudnya oke dalam memahami anak anak, tau gimana harus memotivasi yg pas, mengingatkan yg pas. bukan hanya saat pembagian rapor, orangtua bisa ngobrol panjannnnnng heheh..foto aktivitas jg selalu di share ke kami para orangtua.
nahhh kalo orangtuanyaa..kami punya grup wa dan kadang belajar bareng tentang  tema tertentu. pernah bahas video TED, gimana biar anak anak ga cuma sampe jadi penemu tapi.penolong.sesama..keren ya.
tiap 3 bulan ketemuan dirumah salah satu anak.terus makan makan heheh anak anak main..emak emak curcol..dan kakak mentor menyampaikan hal hal penting u menjawab pertanyaan2 kami.
itu duyu yaaa 

ini parade fotonya
ini waktu ada ust Yusuf Mansyur

ini saat kunjungan ke pasar tradisional dan Mall
ini sholat jamaah waktu kemah. terharuuu

Komentar

  1. waaaah,....tulisannya menarik bundaa.....
    sekarang rafid kelas berapa di techno?

    BalasHapus

Posting Komentar