Senin, 18 Agustus 2014

Apa pula itu Techno Natura?

Hehheheh...
Ternyata banyak yang belum kenal ya ama Madrasah Internasional Techno Natura ini..

Gapapa

Udah pernah homeschooling, jadi kalo ada orang nganggep sekolah anakku ini ga terkenal, atau dikira kursusan,  uda maklum deh. Heheh ..

Padahal duluuuu saat awal awal homeschool diJogja..uda jatuh cintaa ama TN..eh..Allaah berkehendak mempertemukan kami disaat yang tak diduga duga.

Berikut gambaran tentang MITN.

Anak anak belajar berbasis project.

Project tematik:

Rekayasa

Science

Sosial 

Art

Khusus matematika satu jam perhari

Agama, satu jam tiap pagi, hafalan, tilawah, tahsin. bahasa jadi bagian tema.


Ada 4 kuadran type anak :

Kiri: logik, analis

      : prosedural sesuai instruksi

Kanan: agamis, filosofis, pembicara

           : kreatif , sulit dapetnya.

Dikelompokkan dalam satu kelas, jadi diharapkan saling mengisi dan melengkapi.


Pola mingguan u project kelas.

Senin: konvensional. Mendengarkan.

Selasa:merencana, 

Rabu: melaksanakan, action.

Kamis: evaluasi, report selama belajar. 

Jumat: presentasi.


Tema direncanakan setahun o guru..

Jam sekolah :8 sampai 2 siang

Beban pelajaran lebih sedikit.

Observasi harian. Berdasar pengerjaan project.


Perubahan dasar pembiayaan:

Kbm: 2.5 jt pertahun untuk outing, kebersihan dll

Spp: 5% penghasilan orangtua dibayar selama 13 bln diawal tahun.

Owner: Riza Wahono.

Create foundation.

2rb sekolah make software TeknoNatura.

Ini sekilas yaaa..besok besok cerita lagi tentang kumpulan parentsnya yang keren, mentor2nya yg asik, dan anak anaknya.


lanjutannya disini

http://homelearningme.blogspot.in/2015/04/di-techno-natura-ngapin-aja.html?m=0

Kamis, 07 Agustus 2014

A moment without handphone with my sister

Dahsyatnya handphone.

Saya ngerasa ga berdaya tanpa handphone saat sedang diam, menunggu, saat sedang duduk di bis atau kereta, saat mau tidur bahkan.

Kemarin saat awkward itu terjadi waktu makan berdua adik di kampung.
Kami keluar maketin produk adik saya (Oright Reminder Poster yg laris manis. Googling ya. Di Instagram jg ada.)

Terus dia bilang laper mbak, ke tempat makan baru yuk..
Kami pergi kesana.

Tentu naik motor becak honda 800 kebanggaan hahaha.

Kami duduk menunggu pesanan..saya pesen steak biar sok europe dan teh poci (nyambung ga?) 

Kebalikannya dia jg Jaka Sembung..Dia pesen ikan bakar ama jus buah buahan Australia.. (ternyata meski letaknya di barisan jus, buahnya ga dijus, cm dipotongi tambah es batu..trus ini minuman apa? Infused water maksudnya? ) untunglah teh pocinya lumayan banyak isinya.

Kaya resto kebanyakan, lama pelayanan makanannya. Yg dtg minuman dulu, di spanduk ada tulisan free snack tp trnyata ga ada. Jadi kami sempet sibuk ama hp sendiri beberapa waktu.

Duh.
Berapa bulan sekali kami ketemu.
Uda makan berdua gini masa mau sibuk ama layar masing masing? Dirumah uda pasti saya megang Baby T atau panci, dia megang kerjaan.

So, about this handsfree revolution.
I have to do it right now.

Saya obok obok tas, nemu kertas resi pembayaran dan bolpen, dan pensil. Bujel.

Saya buat lingkaran kecil, kami berpandangan . Kamu bikin silang dek.. akhirnya kami main tic tac toe. Ngakak bentar krn aku salah langkah. Trus main beberapa kotak lagi.Bosen.

Main hangman.

Aku nebakin Gula Batu
Dia nebakin Petai Cina.
Aku kalah.

Makasi ya traktirannya tataaa..I love you

Bahan bahan bermain apa yang bisa kita manfaatkan untuk busybag?

Post lama tentang kantung busybag sudah pernah dibahas ya..

Sekarang ini materi isinya..bisa jadi persediaan ini ada dirumah, bisa jadi nyari dulu atau bikin sendiri.

Materi isi biasanya nanti dipadu padan dengan beberapa perlengkapan seperti:
1. penjepit
2. sendok
3. Mangkuk kecil
4. Teko kecil
5. Botol bekas
6. Piring atau wadah yang unik
7. Pisau plastik.
8. Kaca pembesar
9. Sumpit
10. Sapu kecil
11. Gunting (ujungnya tak tajam dan ada pengaman, atau gunting plastik, errr tapi ga bisa buat gunting juga sih kadang hehe).
12. Lem bening dalam wadah stik
13. Wadah buka tutup
14. Lap

These are the list:

1. Beras (diwarnai atau warna alami saja)
2. Biji jagung
3. Biji kwaci
4. Biji kacang hijau
5. Biji kedelai
6. Manik manik aneka bentuk dan warna
7. Stik Eskrim (boleh polos atau berwarna)
8. Koin
9. Rantai bentuk (ada di foto)
10. Pom pom
11. Pipe cleaner (kawat bulu)
12. Pasta (polos atau diwarnai dengan rubbing alchohol dan pewarna)
13. Rantai huruf (ada di foto)
14. Flanel (berbagai bentuk)
15. Figurine hewan kecil
16. Tali wol warna cerah
17. Amplas
18. Kertas warna
19. Kokoru
20. Plastisin
21. Moonsand (tepung campur minyak)
22. Kertas tebal
23. Spon warna warni
24. Sediaan gambar terlaminating
25. Lego
26. Magnet
27. Paperclip
28. Penjepit jemuran (nyari yang kayu susah banget..)
29. Gel
30. Pasir warna
31. crayon
32. Pinsil
33. Kartu kartu bergambar
34. Potongan kardus
35. Batuan yang halus dan sudah dicuci.
36. Daun atau bunga yang dikeringkan
37. Daun atau bunga imitasi.
38.

Untuk bahan bahan kecil seperti ini, jangan pernah tinggalkan anak sendirian ya,tetap perlu pengawasan kita. Lagipula, kita bikin busybag ini salah satu alasannya supaya tambah dekat kan dengan anak anak.

Jika memang mempersiapkan busybag untuk permainan mandiri, perlu dipilih betul bahan yang aman, ukurannya tidak terlalu kecil hingga bisa dimasukkan ke lubang hidung, atau telinga, atau membuat tersedak.

Naaah ide permainannya bisa cari di beberapa situs montessori..
Atau buatlah bersama anak..

1. Kalau untuk bayi..sederhana banget deh..isi...tumpahin..isi lagi..tumpahin lagi.
Bahagia dia.

2. Sendok materi isi dari kiri ke kanan, pindah antar wadah

3. Gambar gambar, gunting gunting, tempel tempel

4. Sapu sapu manik manik bentuk daun

4. Tuang air dan lap yang tumpah, belajar memeras lap basah

5. Buat botol isi..isi botol dengan ait, water beads, atau biji bijian..

6.ide lan menyusul yaaa

Entri Populer