Yuk belajar pengurangan

Saya merasa dan sadar betul.
Saya ini tidak berminat pada matematika, hal hal bersifat logis, pemahaman rumus dan semacamnya (manusia MIPA macam apa ini).
Dan itu menularr ke anak anak.

Sulit buat saya memahami lalu menjelaskan suatu perkara matematis pada mereka.

Pernah download program MEP dan mencetak jilid pertamanya. Tp ga konsisten.

Satu satunya buku aktivitas yg kami pakai adalah keluaran DK, dan bahkan menurut saya si acak abstrak, buku ini kok ga runut hehehe. Melompat lompat gitu.
Tapi karena R suka gambarnya ya lumayanlah buat latihan.

Pernah juga ngopi workbooknya Albert Math. Bagus. Jelas banget buat anak anak.Tp jenis buku paket mihil begini..heheh..cari second-an aja kapan kapan.

Pernah otodidak Jarimatika. Dan kursus singkat jari Pintar (atau apalah namanya) sekarang lupa.

Mungkin kalo pke craft saya lebih semangat dan anak anak jg ga ngerasa banget kalo emaknya susah kl pake kata kata.

Pernah bikin kalkulator dr kardus susu dan tutup botol untuk membantu H meniru angka dan mengenal tanda matematika.

Kemarin jg membuat jam dengan menit di lapisan kedua.

Naahh..sekarang bikin alat hitung pengurangan 10

1.cetak jari jari, telapak tangan anak anak diatas kertas (saya pake asturo)

2.potong.

3.tiap jari diberi angka 1-10.dari ibu jari tangan kiri ke kanan.

4. Dibalik jari yg berwarna itu, tulis pengurangan dari -1 sampai -10 dr ibu jari kanan ke kiri.

5.saat ditekuk, jari yg dilipat akan menampakkan angka pengurangnya. Misal -1 pada ibu jari kanan. Sisanya akan nampak angka 9 di jari tersisa.

6. Maka 10-1= 9, nak.

7. Semoga jadi bisa bertahap pengurangan dengan angka selain 10 juga.

Have fun with crafty-hands on maaaattthhh.

Komentar