Rabu, 16 Juli 2014

Bisakah bayi kita ikut i'tikaf?

Karena dua kakak laki lakinya sudah lumayan besar, mereka beberapa kali i'tikaf bersama ayyah.

Sering juga saya lihat ibu ibu bawa bayi dan perlengkapannya yg segambreng, hebaaaattt..masyaAllaah.

Tapi bayi T? Princess kecil yang masih suka sukanya naik turun tangga, teriak teriak..dan nangis kalo emaknya sholat..
Gimana ya?

Pengeeeen banget i'tikaf. Tahun kemarin ga pulang.Dan tanggal i'tikaf kali ini kami uda pulkam insyaAllaah..dan dikampung tak ada i'tikaf! Berkali menanyakan dan ga pernah diadakan.

Jadi salah satu tips utama tenang bawa bayi saat beribadah di masjid bagi saya, adalah ngliat pengurus masjidnya. Heheheh..ada yg toleran, ada yg sebel banget ama anakanak (yg ga bisa diem tentu)..

Ada tangga tinggi tidak, kamar mandinya ramah emak anak tidak , jg jd pertimbangan.

Nah, gimana kalau tarawih kita bawa.mainan, buku untuk bayi kita, yg ga messy, bisa bikin tenang beberapa saat, dan ga menimbulkan banyak bunyi.

Uda baca ttg Pom pom push ama kartu tebak dan raba kan?

Ini permainan lain:

Pancing ikan. Dibuat dari sponge warna yang diberi paper clip, pemancingnya magnet.

Memasukkan kawat bulu atau spaghetti, dibuat dari kaleng permen bertutup plastik, dilubangi dengan perforator, potong potong kawat bulu, beri manik diujungnya .berbentuk bunga atau bintang. Prinsipnya sama dengan Pom Pom Push.

Jepit dan sendok Pom Pom.
Ngefans amat ya anakku ama pom pom hihi..kalo ga ada pk cotton ball jg gpp kali ya..jepit atau sendoki Pom pom.
Pindah dari kiri ke kanan, atau sebaliknya.

Figurine dan mat.
Misalnya hewan peternakan dan alas bergambar peternakan, atau hewan laut dan alas kertas atau flanel biru.

Pernah juga bikin mainan tempel amplas dan flanel atau tali wol. Cari dgn tag amplas ya

Buku favorit.

Sajadah kecil.

Makanan dan minuman yg aman dan tak berantakan (ada gitu? Hihi)

Dan senyum bunda tiap break..

Semoga Ramadhan kita berkah, dan menyenangkan juga bagi bayi yaaaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer