Rabu, 30 Juli 2014

Belajar dengan Magic School Bus yuuk

Kami pernah punya buku Magic school Bus (MSB) edisi benih tanaman. Sampai tak bersampul dan tercabikcabik, belum pernah kami lihat edisi televisinya.

Sering baca d beberapa situs homeschooling ttg menonton acara ini sebagai pilihan hiburan yg mendidik.

Jadi waktu lihat ada VCD MSB di toko buku, rasanya jadi pingin beli.

Dan ternyata anak anak seneng, karena tokoh tokohnya bisa mengecil bersama Bis ajaib mereka yang dikemudikan sang guru dalam petualangan mempelajari sesuatu.
Mereka bisa masuk ke sistem pencernaan, sistem reproduksi ayam, masuk ke pokok kayu yg membusuk.

Yang menarik bagi saya adalah kutipan kata kata gurunya..dan sikapnya menghadapi kekacauan atau kesalahan murid muridnya..juga bagian terakhir saat menjawab pertanyaan pertanyaan penonton.

Setelah nonton, ketika anak anak masih ada pertanyaan, kami buka ensiklopedi dan buku buku.

Dan di Youtube ternyata ada versi gratisnya heheheh, kalau di youtbe belum didubbing Indonesia. Full episode.

Minggu, 27 Juli 2014

Yuk belajar pengurangan

Saya merasa dan sadar betul.
Saya ini tidak berminat pada matematika, hal hal bersifat logis, pemahaman rumus dan semacamnya (manusia MIPA macam apa ini).
Dan itu menularr ke anak anak.

Sulit buat saya memahami lalu menjelaskan suatu perkara matematis pada mereka.

Pernah download program MEP dan mencetak jilid pertamanya. Tp ga konsisten.

Satu satunya buku aktivitas yg kami pakai adalah keluaran DK, dan bahkan menurut saya si acak abstrak, buku ini kok ga runut hehehe. Melompat lompat gitu.
Tapi karena R suka gambarnya ya lumayanlah buat latihan.

Pernah juga ngopi workbooknya Albert Math. Bagus. Jelas banget buat anak anak.Tp jenis buku paket mihil begini..heheh..cari second-an aja kapan kapan.

Pernah otodidak Jarimatika. Dan kursus singkat jari Pintar (atau apalah namanya) sekarang lupa.

Mungkin kalo pke craft saya lebih semangat dan anak anak jg ga ngerasa banget kalo emaknya susah kl pake kata kata.

Pernah bikin kalkulator dr kardus susu dan tutup botol untuk membantu H meniru angka dan mengenal tanda matematika.

Kemarin jg membuat jam dengan menit di lapisan kedua.

Naahh..sekarang bikin alat hitung pengurangan 10

1.cetak jari jari, telapak tangan anak anak diatas kertas (saya pake asturo)

2.potong.

3.tiap jari diberi angka 1-10.dari ibu jari tangan kiri ke kanan.

4. Dibalik jari yg berwarna itu, tulis pengurangan dari -1 sampai -10 dr ibu jari kanan ke kiri.

5.saat ditekuk, jari yg dilipat akan menampakkan angka pengurangnya. Misal -1 pada ibu jari kanan. Sisanya akan nampak angka 9 di jari tersisa.

6. Maka 10-1= 9, nak.

7. Semoga jadi bisa bertahap pengurangan dengan angka selain 10 juga.

Have fun with crafty-hands on maaaattthhh.

untuk apa basah basah di sawah?

not trying it yet?
Aaaah...as achild you should.
Everytime we go to ayah's homeland,
We will splash into sawah.
Well, it depend on the season though..
It call "mongso tandur" when the sawah is watered, and haven't been planted .
It was after harvest time.

es mana yang paling cepat meleleh?


Pada suatu hari yang panaaaaas...kita mainan es batu dengan air yang sudah diberi pewarna makanan.

Yuk coba, kalau esnya diletakkan diatas daun,diatas genting, dan diatas besi.
Mana ya yang paling cepat leleh?
Pemenangnya adalah....besiiiiii ....

Sabtu, 26 Juli 2014

Kenapa harus benci reuni?

Lebaran, saat pulang kampung..daaaannn..reuniaaan..

Ada masa masa ketika saya pingin sekali ketemu teman lama, tapi ada saatnya biasa aja. Ketemu ya syukur, enggak ya saya tetep ga gemuk.

Awal awal kuliah tuh rasanya seneeng reunian.
Seudah ada acara keluarga besar (uda nikah) mulai deh berkurang aktifitas reuni, karena biasanya bergantian lebaran di rumah atau di rumah suami.

Tapi akhir akhir ini rasanya seneng lagi ketemu teman lama. Mungkin karena jedanya panjang, perubahannya juga lebih banyak. Jadi penasaran, heheh.

Senang juga bertemu beragam profesi, yg pada usia ini biasanya udah matang. Jadi bisa tukar pengalaman dan nanya nanya.
Namun karena alasan itu juga sempat rasanya serba salah kalau reunian.

Rasanya gimana gitu..

Saya ga malu jadi ibu rumah tangga.
Ga pernah saya minder dan bilang "ah.. cuma dirumah aja.."

Nah. Yang jadi pemikiran saya adalah kemanfaatan dari apa yang ingin saya bangga banggakan di depan orang lain..karena jujur saja kadang saya secara manusiawi masih pingin dihargai manusia.

Ketika saya membanggakan jumlah anak..atau prestasi  anak, atau kemanisan mereka..bagaimana jika ada teman yang bahkan belum diberi momongan?

Jika saya membanggakan diri sebagai istri dan ibu berbakti yang stay at home, gimana dengan teman yang karena kondisi tertentu harus bekerja?

Kalau saya bilang saya ini homeschooler, supaya apa saya bilang begitu? Agar kelihatan tangguh dan hebat?

Atau saya bilang saya gentlewaterbirth, so? Gmana kalau ada teman yang karena keadaan tertentu harus caesar?

Karena terlalu ingin menunjukkan bahwa kita bahagia saat ini, kadang kita jadi over sensitive. Menerangkan hal gak perlu. Dan menebak nebak hal yang belum tentu.

"Jangan jangan aku ga bisa ngimbangin omongan mereka sekarang"
"Pake baju apa ya biar keliatan muda dan langsing"
"Aku ga gini ga gitu ga punya ini g punya itu belum gini belum gitu"

Karena sebenarnya bertemu teman lama saja itu sudah menyenangkan.
Silaturahim itu memanjangkan usia.
Berkah dalam tiap jabat tangannya.

Membicarakan kenangan masa kecil, atau membicarakan apakah bisa melakukan manfaat bersama sama..bukankah lebih indah?

Ga usah membenci reuni ..heheh
Selama itu masih memberi kebaikan, masih saling memberi manfaat..

Just be who you are.


Kamis, 24 Juli 2014

Apakah kamu tahu tentang Palestina, nak?

Kenalkah kau, nak..dengan Palestina?
Ia adalah sebuah negri yang kian menyusut mengecil..
Namanya bahkan telah hilang di berbagai peta..nama Israel menggantikannya

Kenalkah kau, nak..pada Palestina
Negri yang anak anaknya luar biasa pemberani..
Melawan tank besi dengan batu dan hafalan AlQuran yang mengalir.

Kenalkah kau, nak..pada Palestina?
Disana menjadi syuhada adalah program yang tak main main..
Apakah kau  pernah meninggalkan subuh berjama'ah di masjid?
Apakah kau belum hafidz Qur'an?
Apakah pernah kau pernah tinggalkan Qiyamul Lail?
Maka masih jauh langkahmu untuk menjadi bagian mulia..menjadi syuhada..

Kenalkah kau, nak..pada Palestina?
Ketika negeri lain membuang uang demi menatap kembang api..
Mereka harus dihujani roket tiap hari..
Air dan makanan bukan sesuatu yang bebas dan melimpah seperti disini..

Mari nak, mengenal Palestina..
Hadirlah untuk melihat bahwa ada penjajahan yang dibenarkan dunia..dan sebagian besar orang yang mengatakan mereka membela hak asasi manusia diam seribu basa..
Semoga kalian menjadi pejuang juga..
Membela kebenaran dan keadilan dimanapun berada..

Mari berdo'a untuk Gaza

Allohumma Yaa Baasithol ardhi, wa Roofi'as samaa. Yaa Naashirol madzluumiin, Yaa Mughiitsal malhuufiin.

Allohummanshur ahlanal muroobithiina fii filasthiin, Allohummanshur ahlanas shoobiriin fii ghozzah.

Allohummarham syuhadaa'ahum, wasyfi jarhaahum, wajbur kasrohum, wa qowwi rijaalahum, wanshurhum 'alaa a'daaihim, wa ayyid hum bijunuudik, wa tsabbit aqdaamahum, wa farrij karbahum, wa kun ma'ahum, Yaa Robbal 'aalamiin.

Allohumma Yaa Qowiyyu Yaa 'Aziiz, 'alaika bil yahuudil mu'tadiin, adhzoolimiinal mufsidiin.

Alloohumma zalzilil ardho min aqdaamihim.
Yaa Rabb, ij'al kaidahum fii nuhuurihim.
Yaa Rabb, na'uudzu bika min syuruurihim.
Arinaa fil yahuudi 'ajaaiba qudrotik.

Allohumma laa tarfa' lahum rooyah, wa laa tuhaqqiq lahum ghooyah, waj'alhum lil 'aalamiin aayah.

Yaa Alloh, Yaa Alloh, Yaa Alloh.
Arinaa fil yahuudi 'ajaaiba qudrotik.

Minggu, 20 Juli 2014

Bagaimana belajar jam dan menit dengan anak anak?

Belajar tentang jam dan menit, kadang agak tricky. Ya kaaann..

Akhirnya kita bikin dr piring kertas yg ditumpuk begini. Bagian atas jam, bawahnya menit.

Dua piring kertas dijadikan satu dengan jarum jam dan detik dari kardus, dilubangi tengahnya lalu diberi kawat pita atau pipe cleaner yang ditahan dengan kancing, lalu dibengkokkan agar rapat bagian bawahnya.Kalau lihat diluar negri yg kaya baut untuk kardus atau kertas agar bisa bergerak, tp disini nyari nyari kok ga pernah lihat.

Tulis angka jam dibagian depan, gunting tiap ruas agar bisa dibuka untuk melihat di angka tersebut menunjukkan menit ke berapa. Misal angka 2 dibelakangnya angka 10, dst.

Sabtu, 19 Juli 2014

Bagaimana ini, tasku ketinggalan di kereta api...

Pernah kehilangan eh tepatnya ketinggalan barang di kereta api?


Sebagai seorang yg udah sering menggosongkan panci, lupa dimana nyimpen mainan anak sendiri, kaus kaki suami dan kadang lupa visi hidup..bisa diharapkan hal itu terjadi pada saya .hiks. nothing to be proud of. Tapi ini share aja, jadi kalau ada yang ngalamin...jangan panik.

Saat pulang kampung kemaren..tuan packing sudah mengatur untuk membawa cukup tiga tas saja karena sudah ada baju dirumah.
Tapi emak mana yang bisa ga bawa cemilan, dan printulan printilan buat anak anaknya?
Nambahlah satu tas.
Semua berjalan lancar:
sampai stasiun Senen tepat waktu (bener bener tepat ampe deg degan)
ada mas mas baik yg mau diajak tukeran seat supaya kami bisa ngumpul berlima (perjuangan bener lho dapat tiket online H-10 untuk 4orang 1bayi ngumpul selokasi).

bayi T juga rewelnya ga banget bangetan.


Naaaaah, sampai di Kutoarjo udah mepet subuh abis. Keburulah saya, aga lari lari lupa ada tas bayi nylempit di bawah. Soalnya saya turunin untk nutupin Hamza yg tidur ndlosor dibawah dari angin). Ayahnya juga ingetnya bawa tiga tas doang.

Di rumah baru bingung mana tas clodi dan baju baju princess T buat gantiii. Hihihi..

Dasar sanguin reaktip. Sadar bahwa tas ketinggalan langsung membabi buta ngontak temen temen jogja. Dan adik yg lagi itikaf di Jogokariyan.Nelpon stasiun Lempuyangan yg jd tempat tujuan akhir kereta, tenttuuu ga diangkat..mruput bada subuh..

Baru sekitar agak siang nyadar kenapaaa ga lapor aja sih ke stasiun tempat tadi turun?

Ini urutannya


Lapor ke Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA). Lapor kehilangannya apa, kursi dan gerbong berapa....
Tadi sih petugas di Kutoarjo ramah banget, saya nanya langsung ditanggapi dengan baik.

"InsyaAllaah kalo barang ketinggalan akan kembali bu" 

lalu mereka langsung nelpon PPKA Jogja dan nanyain.

Jogja kasi jawaban dan beres.

Saya minta tolong dititipin kereta yang balik ke kutoarjo pun mereka nolongin...

Ga pake duit.

Yang bagian nemu nemu kaya gini namanya POLSUS. Itu yg garang garang disekitar pk Kondektur trus bilang "siapkan tiketnya Pak".

Diantara berita carutmarut..bukankah berita semacam ini menenangkan? Menyenangkan?
Ga kalah lah ama Jepang ? (ihiks)

Dan kadang bahkan untuk tersenyum atau mengucap terimakasih pada Petugas yang tetap bertugas saat Idul Fitri pun ini pun tak kita lakukan.

Tapi kalau mereka cacat dikittt aja, kita marah bukan main..bukan berarti kalau ada salah ga kita ingetin baik baik ya..

Terlalu sibuk kita dengan berita atau chirps dan tweets tak jelas yg memporakporandakan percaya dan cinta.

Put that gadget and make connections!
Thats why we shouldnt search for wi fi everywhere..search for eyes..and give your ears

Terimakasih ya bapak bapak ibu ibu yang bertugas di Perkeretaapian Indonesia!

Salut! Barokallahu..

Kamis, 17 Juli 2014

Kenapa saya cintaaaa slowcooker?

Ramadhan ini saya berusaha betul untuk tidak nguplek di dapur saja. Tetep masakan rumah, enak, dan ga ngabisin waktu?

Ternyata salah satu jawabannya adalah dengan slowcooker atau crockpot.

Saya cari lewat pinterest dan ternyata crockpot bener bener hits banget. No wonder why, kayanya semuaaaa masakan bisa dimasak dengan cara ini. Mudah dan memudahkan.

Plung plung,
Ditinggal beraktivitas lain.
Jadi.

Plung plung,
Ketiduran?
Ga gosooooonggg...

Apa? Ga gosong?
Setelah rangkaian tragedi panci gosong pasti bisa dipahami kenapa saya cintaaa alat ini.

You must have it .
If..alarm doesnt wake you up.
If..you always forget you cook something untill it burn out.
If..you even record your own voice for your ringtone. It says : Gosooooonggg..
If ..you go home from you far far and tiresome workplace and you want your dinner already cooked.

Jadi, dengan bentuk seperti rice cooker, alat ini berbeda dibeberapa hal :
1.watt nya kecil. Dikabarkan hanya sebesar watt lampu.
2. Pemanasnya juga ada dibagian sisi atau dindingnya jd ga cuma di dasar. At least Takahi work that way.
3. Panci didalamnya dari bahan semacam tanah liat gitu. Berasa Jang Geum-dayang istana Korea- masak pake beginian..eksotis kan?
4. Tutupnya dari kaca
5. Ada setelan panas auto dan high (sekali lagi contohnya merk Takahi ya).
6. Slowcooker ga boleh dibuka buka 2 jam pertama atau suhunya akan turun.

Tips memasak dengan slowcooker sejauh yang pernah saya praktekkan:
1.untuk daging, oseng dulu bolak balik ampe caramelized. Slowcooker ga bisa melakukan efek itu.
2.untuk sayur sayuran hijau, mi, pasta masukkan paling akhir sekitar 30 menitan atau dicek aja ampe selera kita.
3.untuk umbi semacam kentang atau ubi letakkan paling dasar.lapis atasnya daging, baru sayur.
4.untuk ayam, daging ungkep bisa dimasukkan dengan sedikit air, nanti keluar minyaknya sendiri.
5.untuk cake bisa pake alas kalo ga mau koret koret hehheeh
6. Bisa juga masak nasi di panci ampe kering air pindah masukin slowcooker, kasi pandan. Puleeeen..wangiii
7. Ada bumbu yg baiknya ya tetep dioseng dulu di wajan. Jadi aromanya keluar. Macam bumbu soto.

Ini beberapa yg pernah sukses dimasak.bayam dan ikan yang overcooked, ayam yang kurang matang ga saya tampilkan hahaha.

Ini ayam jadi empuuuuk banget. Dan enak deh bangun sahur dibangunin aroma ayam matang.berasa punya chef pribadi kikiki
Sup daging,segeer sahur sahur makan yg hangat hangat
Ini juaranyaaaa..enak bingits masyaAllaah..apaan sih item gitu. eit coba duyu, disendok dikit..enak lagi ditumpahi eskrim hihhi. coba googling resep lava cake slowcooker anti gagal.

Rabu, 16 Juli 2014

Bisakah bayi kita ikut i'tikaf?

Karena dua kakak laki lakinya sudah lumayan besar, mereka beberapa kali i'tikaf bersama ayyah.

Sering juga saya lihat ibu ibu bawa bayi dan perlengkapannya yg segambreng, hebaaaattt..masyaAllaah.

Tapi bayi T? Princess kecil yang masih suka sukanya naik turun tangga, teriak teriak..dan nangis kalo emaknya sholat..
Gimana ya?

Pengeeeen banget i'tikaf. Tahun kemarin ga pulang.Dan tanggal i'tikaf kali ini kami uda pulkam insyaAllaah..dan dikampung tak ada i'tikaf! Berkali menanyakan dan ga pernah diadakan.

Jadi salah satu tips utama tenang bawa bayi saat beribadah di masjid bagi saya, adalah ngliat pengurus masjidnya. Heheheh..ada yg toleran, ada yg sebel banget ama anakanak (yg ga bisa diem tentu)..

Ada tangga tinggi tidak, kamar mandinya ramah emak anak tidak , jg jd pertimbangan.

Nah, gimana kalau tarawih kita bawa.mainan, buku untuk bayi kita, yg ga messy, bisa bikin tenang beberapa saat, dan ga menimbulkan banyak bunyi.

Uda baca ttg Pom pom push ama kartu tebak dan raba kan?

Ini permainan lain:

Pancing ikan. Dibuat dari sponge warna yang diberi paper clip, pemancingnya magnet.

Memasukkan kawat bulu atau spaghetti, dibuat dari kaleng permen bertutup plastik, dilubangi dengan perforator, potong potong kawat bulu, beri manik diujungnya .berbentuk bunga atau bintang. Prinsipnya sama dengan Pom Pom Push.

Jepit dan sendok Pom Pom.
Ngefans amat ya anakku ama pom pom hihi..kalo ga ada pk cotton ball jg gpp kali ya..jepit atau sendoki Pom pom.
Pindah dari kiri ke kanan, atau sebaliknya.

Figurine dan mat.
Misalnya hewan peternakan dan alas bergambar peternakan, atau hewan laut dan alas kertas atau flanel biru.

Pernah juga bikin mainan tempel amplas dan flanel atau tali wol. Cari dgn tag amplas ya

Buku favorit.

Sajadah kecil.

Makanan dan minuman yg aman dan tak berantakan (ada gitu? Hihi)

Dan senyum bunda tiap break..

Semoga Ramadhan kita berkah, dan menyenangkan juga bagi bayi yaaaa


Selasa, 08 Juli 2014

Bagaimana menghilangkan kerak panci gosong?

Bacem.

Gosong.

Dua hal yang terus terjadi dalam hidupkuuuuu.

Baiklah, siap siap untuk tips bermanfaat..tapi tentu saja setelah saya curcol ya.
Syarat mutlak.

Jadi...kemarin malam, tragedi bacem gosong terjadi lagi.
Kalau tiap menggosongkan panci karena bacem dapat piring, saya ga akan cari detergen berhadiah piring lagi.

Kesal tak terperi karena kali ini saya memasak bacem dengan panci yg agak pricey hahahaha. Waktu mau masak bacempun udah mbatin..piye ki nek gosong...tapi saya pikir karena mahal itulah saya ga akan mungkin lalai kan?

Pulang tarawih, ayahnya bilang:
"buuuuun...kamu masak apa? Gosong."

MasyaAllah

Seinget saya tadi sebelum isya uda saya saya matikan.

Waaaaaa aroma gosong menguar di udara. Bacem yang bahkan dimakan juga enggak ama anak anak buka tadi.

Jadi saya marah marah sendiri lah didapur. Ngerasa sebel manasin bacem berulang tp g ada yg mau makan..dan sebeeeeelll kok ya teledor amat. 
Kok ya panci ITU.

Panci hadiah ayahnya.
Barang dapur termewah yg pernah saya punya. Karena saya type sederhana..uhukkkk... wajan satu cukup, mangkok besar satu cukup, pyrex persegi satu cukup, piring jg dr ibu dan mertua, sutil dan pengentas gorengan masing masing satu, cetakan muffin satu loyang cukup..ricecooker imut satu, slowcooker dipinjemi Leni, mixer peninggalan Lina..prinsipnya ga mau saya terjebak pernak pernik dapur yg ga perlu. Lagian kaya saya pinter masak aja.

Tempe tahu sudah menempel keras pada dasar panci..perekatnya adalah gula gosong.merata. dan lumayan tebal.

Saya gosok dengan penuh emosi pakai penggosok ..tangan saya yg sakit.

Oyaaa..pakai baking soda! Tadinya saya bahagia betul punya baking soda. Penyelamat panci, pencuci clothdiaper, pengusir kecoa, penyerap bau kulkas.
Tapi semalam nampaknya ga berhasil. Saya pikir karena terlalu tebal lapisan gosongnya. Tapi sebenarnya karena kurang sabar aja.

Ngerasa putus asa saya ambil golok.
Subhanallaah. Malu sendiri inget kejadian semalem. Emosi amat hahaha.
Saya cungkil cungkil. Tetep keras banget.

Say tuang lagi sebagian besar baking soda. Saya ratakan..trus saya ambil cuka.
Fizzzzzzz....

Percobaan gunung berapi dipanci.

Kali ini tanpa tatapan mata kagum anak anak. Cuma mata ngantuk yang perih karena kecipratan kerak yg saya cungkil cungkil.

Saya tutup pancinya.

Saya makan coklat.

Sambil berkirim Line ke Leni nyeritain tragedi bacem kesekian.
Leni bilang: fotoiiin.

Mana mood saya moto itu semalem.hahahah.
Saya nyesel juga kok ga saya foto trus jadi PP kan keren. Hitaaaammmm jendral.
Setelah lega curhat ke Leni, cekikikan menertawakan kekonyolan diri sendiri. pake bertekad GA AKAN MASAK BACEM LAGI! Istighfar deh marah marah bulan Ramadhan.

Paginya saya beranikan diri buka panci daaaannn tadaaa

Sudah tampak sedikit dasar pancinya!

Trus saya raba, dan dengan amat gampang lapisan gosongnya terangkat

Alhamdulillaah pgn meluk panci..pengen cium baking soda ama cukaaaa..

Okay. Sekian. Epic enough?

Senin, 07 Juli 2014

Kenapa anakku tak homeschool lagi?

Hamza berangkat ke Kuttab Al Fatih hari ini.
Semalam dia marah marah..ga mau bangun aku..aku mau kesiangan aja biar ga sekolah. Gubrak.

Merengek sepagian saat sahur..tapi jelang berangkat kuajak main dulu ama Upa, agak lupa dia.

Nah, pas naik mobil jemputan..waaaa mukanya mewek lagi hahahah..

Semangat Hamza, ini untuk kebaikanmu yaa. Semoga menjadi pecinta Allah. Pecinta Rasulullaah.pejuang pemberani..bersih hati..inilah sifat pencari ilmu..ia berangkat pagi..ia berat pada awalnya..ia membutuhkan kesungguhan kita.

Begitu juga kakak Rafid. Maghrib tgl 2juli lalu datanglah paket.

Isinya surat penerimaan kakak sekolah di Madrasah Internasional TeknoNatura, setelah sit in selama 5 hari bersama teman teman level 2.

Alhamdulillaah.

Sekolah kalian (Kuttab dan Tekno) memang pada awalnya adalah homeschool..tapi tidak menjelma jadi homeschool berbayar ya. Konsep pendidikannya cocok..masuk ke prinsip prinsip dasar yg ayah bunda yakini dan harap baik.

Jadi untuk Kuttab Al Fatih, yg fokus pada penghayatan AlQuran nantinya juga akan pakai kejar paket untuk ijazah. 

Sedangkan metode belajar Tekno berbasis project: senin teori dr mentor, selasa perencanaan, rabu pelaksanaan, kamis presentasi, jum'at evaluasi...teruuuuss begitu. kelas 6 nanti baru ngejar u ujian akhir.

Bagaimana ya rasanya tanpa kalian lagi dirumah sesiangan..
Bunda mengakui terkadang saat kalian dirumah..bunda butuh jeda hehehe tapi sekarang benar benar harus bisa mengatur waktu agar semuanya bisa berjalan baik..tetap bisa muroja'ah bersama..tetap bisa membaca buku beegelungan di kasur..tetap belajar bersama..

Inipun tak mudah untuk bunda.
Setelah homeschool sekian lama..rasanya sepiii tak ada mata kakak2 yg ceria dirumah. Paling tidak hingga dhuhur nanti.

Inipun tak mudah bagi bunda setelah sekian lama mempelajari teori ini itu..dan kini menyerah mutlak pada kebenaran cara Rasulullah mendidik. 

Inipun tak mudah bagi bunda untuk mengakui, bahwa begitu banyak salah dan lubang saat membersamaimu homeschool, nak..lalu berusaha memperbaiki diri bersama kalian bersamaan dengan program sekolah kalian.

Meski tak mudah,satu yg bunda.masih pegang erat, tugas pengasuhan tetap tanggungjawab bunda dan ayah, pendidikan kalian tetap berbasis kekuatan cinta dr rumah..

Maka..mari berjuang bersama.
Allah Menyaksikan bahwa bunda dan ayah mencintai kalian

Selalu.

Huhuhuhu mewek deh.
Curcol cukup.



Bonus:

Ini catatan bunda saat pertemuan orangtua di Kuttab Al Fatih beberapa saat lalu.

Mengawali perjalanan panjang ilmu
Ilmu itu tak ada ujungnya kecuali kematian.
Barangsiapa memudahkan jalan mencari ilmu,
Akan mudah jalan menuju syurga.
Tak hanya panjang, juga melelahkn.
Jaman nabi2 dulu berjalan mencari ilmu pun sudah melelahkan perjalanannya mencari guru,
Kisah nabi Musa contohnya.

Cerdas, sungguh sungguh, memiliki bekal, adab membersamai guru, waktu yg lama.
Setiap jumat pagi Umar Abdul Azis mengumpulkan anaknya sebelum membuka pintu u ummat, u membaca al quran.

Ambillah ADABnya sebelum ilmunya.
Tugas kita mengawal ilmu anak tetap jalan meski sudah sekolah. Yg akan dimintai pertanggungjawaban adlh orangtua bukan gurunya. Pengawal pendidikan anak adlh kita
Bukan sekedar berahlaq mulia tapi supaya siap menjalankan beban2 agama, supaya siap mempertanggungjawabkan hidup di hadapan Allah.

Sebesar kesungguhan sebesar itulah kebaikan.
Bangunlah di malam hari, jgn habiskan hidup u hal yg mustahil dgn tdk berjuang u pendidikan anak. Orang yg mau bersabar dgn pendidikan anak akan mendapat kebaikan.

Usia diatas sepuluh itu dialog. Bentakan dan pukulan sudah tak bisa berlaku.

BIMBINGLAH MEREKA @ Adh Dhuha 6-8
Pengasuh Rasulullaah itu luar biasa.
MILIKILAH TUJUAN @ Luqman 19
Yaasin 69.
BERIKAN NASIHAT NASIHAT TENTANG KESABARAN @ Al Kahfi 28
BERIKANLAH KETELADANAN @ At Tahrim 6

Ibuku merapihkan semua kebutuhan sekolah,  LALU mengingatkan : setelah kamu menulis sepuluh huruf, lihatlah dirimu, apakah kamu bertambah sholeh? Jika tidak, ilmu itu bisa menjadi berbahaya untukmu.
Ilmu ini yg akan menjaga kita, membuat kita bertambah cinta pada Allah.

Man jadda wa jadda :bersungguh sungguh
Man shabara ghafiro:bersabar
Man syara dardi wash shola :jalan yg lurus

Barangsiapa yg tak pernah merasakan lelahnya menuntuk ilmu di masa mudanya, bacakan takbir untuknya 4 kali.
Memang beginilah belajar, harus bangun pagi, belajar hingga siang, mengorbankan beberapa hal, lelah, jangan ladeni kemalasan mereka.
Adab pada guru, bahwa masa awal mungkin membosankan dengan cara belajar di Kuttab yg berbeda dengan bayangan kita tentang pendidikan yg harus lucu, menghibur, selalu menyenangkan.

Jadi orangtua sholeh wajib
Memiliki anak sholeh itu harapan.

Doakan mereka doakan..
Doa Ibrahim : asShoffaat 100
Doa Zakaria
Allah yang Menguasai hati anak kita.
Doakan.

Jangan fasilitasi syahwat mereka:
Mubah yang berlebih lebihan
Memberikan barang sebelum waktunya
Membiarkan ketika salah.

Contoh gurau, bermain, kalau selalu difasilitasi bisa jadi bahaya. Cuek karena nonton tv. Tidak menegur.
Maghrib sampai isya itu waktunya ilmu, Al Quran.

Syahwat dalam AlQuran : Ali imran :14
Kenikmatan dalam diri saat mengaji, rukuk juga termasuk. Bukan hanya syahwat dunia.
Jadi, syahwat itu kekuatan yang butuh panglima.

Catatan: saat pulang wajahnya tampak okeh okeh aja..hehe semoga besok lebih smooth ya Pimpinan pejuang..

Sabtu, 05 Juli 2014

Buang gadgetmu. Bicaralah. Tatap matanya.

Di usianya sekarang 18mo. Bayi T masih peliiit bicara.

Selain kata :

Nggaaaaak (khususnya kl ditawari makan), Ayyaaaah (kata sambutan yg membuat ayyah berbunga tiap pulang kerja), dan Tataaaakkk (kakak)..dan Aaaameeenn (krn uda sering ngikut jama'ah di mesjid)..yg lain masih babling gitu.

Gak disebut sebut dalam kata pertamanya itu menyakitkan.

Hahaaha faktanya ga ada anak saya yg bisa bilang bunda sebagai kata kata pertamanya . Kata Bbbuuu atau Mmmiii lebih mudah mereka ucapkan.
Makanya saya mau nurutin anak aja deh besok mau manggil kita apa. Bukan krn pengen keren dan ikut tren dipanggil bunda. Kekeke

Dengan pahit saya akui..(iyalah blog itu wadah curcol kan..)kak R banyak bicara, dari kecil udah belajar macam macam ama saya. H lama jg babblingnya..waktu itu baru setahun uda saya tinggal kerja..naaah kalau T tebakan saya sih karena Hp.

HP?

Ya ini masih berkait dengan proses handsfree (no gadget) saat bersama orang lain, khususnya anak2.

Saya jatuh bangun.

Berhasil, jatuh lagi. Bisa deaktif dari FB, terguling di Pinterest. Baca Al Quran ga nyampe sejam, pegang hp u nyari berita terbaru hampir tiap waktu.

Malu.

Begitu, dan saya marah marah kalau anak anak (meniru) main hp lama lama.

Oh.

Dan saya sering sekali pegang hp didekat bayi T. Kalo rewel saya kasi hp. 

Wrong.

Yes.

Tapi ..ya begitulah khilaf saya. Saya lebih yakin bahwa hp lebih bisa menghibur mereka (dan saya).

Mereka melihat berbagai macam video yg menyenangkan..padahal bukankah yg paling menarik bagi bayi adalah wajah bapak ibunya sendiri?

Tiap kata mereka ditirukan sesosok bayi, atau kucing, atau burung, padahal kita bisa berbicara dengan jelas untuknya, menirukan tiap katanya..menanyakan apa maksudnya..

Begitu jarang saya menghayati tiap gerak dan perkembangannya, karena saya sibuk dengan layar menyala.

Padahal pancaran mata mereka itu priceless. Dari binarannya seorang ibu bisa ikut merasa bahagia, bahkan ikut merasa sakit anak anaknya..

Berita, tips, dan lain lain masih akan terdata di dunia maya. Kapanpun nyarinya.ting. akan muncul lagi berita itu.

Namun tiap detik pertumbuhan anak? Bisakah kembali? Bisakah dibeli? Hati dan mata kita menyimpannya dengan luar biasa saat kita sepenuhnya berkonsentrasi. Memang benar foto dan video atau rekaman suara amat membantu kita untuk mengenang saat saat itu..namun efeknya kita menjadi kurang yakin kita pada kemampuan mata dan hati kita untuk menyimpannya.


Just a thougth.

Maka dari itu, dengan pertaubatan..bertahap..saya memperbanyak main bersama Bayi T tanpa Hp, dan lebih banyak kontak mata..berusaha memahami tiap kode. Saat dia ingin pegang hp saya ajak untuk membaca buku..saya juga membuat lebih banyak mainan yang merangsang indra indranya.


Ini salah satu contoh mainan tebak kartu dan mencocokkan. Dan bisa diraba raba juga. Saat ini kita banyak bertanya..:

ini sama dengan yang mana ya? Oooh halus yaa...bergerigi ya..berbulu ya? Ini kasar ya..oh tajam? Empuk? Keras?
 

Rabu, 02 Juli 2014

Masa si bisa bikin mainan bayi sendiri?

Percaya atau tidak mainan sederhana ini bener bener hits banget buat bayi T..
Hampir setiap saat dia main ini ga bosen bosen..

Namanya Pom pom push..

Cara bikinnya :

Siapkan wadah plastik bertutup.
Aku pake bekas wadah cococrunch (kebayang ya segala macem wadah yg disimpen gara gara mikir bisaa ini dipake lagih)

Buat beberapa lubang dibagian tutupnya,
Buat lubang seukuran pom pom, dan hati hati saat membuatnya, haluskan, agar kelak tak menjepit atau melukai jari bayi.

Sediakan pom pom, dan ajak bayi memasukkan melalui lubang kedalam wadah.

Aku bawa wadah ini kemana mana.
Ke pengajian, kerumah temen, di perjalanan..lucu deh liat T sibuk sendiri..bayi lain juga suka..

Selasa, 01 Juli 2014

Entri Populer