Selasa, 28 Mei 2013

bagaimana membuat pancingan ikan sendiri?

pernah kan ngalamin anak kita ngejogrok di pasar malem pingin mancing ikat ikanan magnet di kolam penyewaan? 


gimana kalau bikin sendiri aja?


ini bahan bahannya:


cara membuat:

  • siapkan supit baambu, lalu ikatkan tali atau kawat. 
  • pada ujung tali yang menggantung tempelkan magnet kecil (magnet lingkaran yang warnanya keperakan lebih kuat dari yang warna hitam)
  • buat ikan dari kawat bulu yang dibentuk menjadi ikan
  • atau bisa juga dengan mennjepitkan pin kertas pada kertas karton bentuk ikan atau laminating
  • atau huruf huruf magnet
  • atau pin kertas dalam ikan felt.
silahkan mencoba yaaa^^

bagaimana cara membuat cap dari tutup botol bekas?



cara pembuatan dan cara main:


  • siapkan gabus tipis, potong sesuai bentuk yang diinginkan
  • tempel di tutup botol bekas dengan lem uhu, hot glue gun, hingga erat
  • siapkan piring plastik atau styrofoam dan spon cuci piringnya
  • tempelkan spon pada piringnya untuk menjadi stamp pad
  • tuang pewarna makanan pada stamp pad
  • gunakan dengan menempelkan bentuk pada tutup botol sebagai stamp nya



Minggu, 26 Mei 2013

bagaimana memanfaatkan aluminium foil bekas?


 suatu hari anak anak ngliat aluminium foil.
"kok kaya robot ya kak warnanya?"
"ayuk kita buat robot aja"


cara membuat robot 2 dimensi dengan aluminium foil bekas:
  • gambar robot di kertas 
  • sobek atau gunting aluminium foil sesuai bentuk gambar robot
  • tempeeeeel

do you miss me, Nau?





Senin, 20 Mei 2013

apa itu lapbook?



Lapbook adalah portofolio yang murah, koleksi dari buku buku kecil, lembaran buka tutup, dan materi tampilan yang dapat dilipat yang memungkinkan ruang interaktif untuk gambar, cerita, grafik, alur wakt, diagram, pekerjaan tertulis dari topik apapun, unit pembelajaran, buku yang kita pilih, dipilih, dikumpulkan,ditempelkan, lalu secara kreatif ditampilkan dalam map warna warni ukuran standar.

Lapbook adalah salah satu alat hands on dalam homeschooling yang menyenangkan, sesekali kami melakukannya bersama.
Errrr tapi jangan maksa ketika anak anak gak mau atau jangan kaget kalo melenceng jauh dari rencana emaknya hahha..sering juga emaknya yang kegirangan bikinnya tapi anak anak mainan apa gitu yang lain kikiki.
Jangan juga mengira hasilnya akan selalu indah menawan seperti yang ada di Pinterest. Karena setelah beberapa kali melakukannya, yang murni dibuat dari keinginan anak anak..ya bener bener original banget deh.
 Bukan dengan gaya emaknya, bukan dengan gaya Pinterest. 
*original ini bisa dibaca "agak" tidak rapih dan isinya masih gak fokus hihihi. 
Maklum ya mak..masi belajar. Tidak ada yang benar atau salah kok dalam membua lapbook.
Karenaa..lapbooking adalah cara yang menyenangkan untuk mengajarkan konten dan proses.
Konten datang dari topik yang menarik anak anak hingga diharapkan akan mengeluarkan motivasi internal dan rasa kepemilikan pada hasil karyanya.
Proses dalam pembuatan Lapbook akan membantu anak anak (dan fasilitatornya nih ) dalam hidup, untuk melakukan penelitian, perencanaan, kreatifitas, presentasi, dan evaluasi.
Enaknya Lapbook itu, adalah tersimpannya satu unit atau topik belajar anak anak dalam wadah yang kapanpun bisa dipelajari ulang sambil buka tutup lembarannya, atau memutar roda rodaanya, atau mengeluarkan dari dalam kantung kantungannya, atau sambil menambahkan lagi fakta baru atau menempelkan gambar baru.
Coba buka http://www.homeschoolshare.com/lapbooking_resources.php
Ada tutorial dan templatenya..


Ini contoh karya anak anak.



Minggu, 19 Mei 2013

bagaimana membuat portofolio untuk anak kita?

Portofolio?
pertama kali saya dengar, portofolio itu kumpulan foto foto
model catwalk gitu lah..

teruss waktu kenal homeschool..kok ada portofolio segala sih?
memang, emaknya model *keselegbusybag* tapi kan ini buat anak anak kan ya 
masa udah butuh juga?

jadi ternyata dalam konteks portofolio untuk anak...tujuan pembuatan portofolio itu adalah mendukung refleksi, dan penetapan tujuan oleh pembelajar mandiri berbasis anak sekaligus pelibatan orangtua dalam evaluasi melalui komunikasi yang berkala dan bervariasi. dan berpotensi merefleksikan perkembangan anak dalam kerangka sosial, fisik, serta akademis. ( Shores, Grace; Pintar Membuat Portofolio;1998) 
*lupa cara nulis sumber ih..

dan yang kusuka dari buku ini, jelas disampaikan bahwa mereka gak bikin buku ini untuk jadi standardisasi pembandingan anak, karena manfaat sesungguhnya dari portofolio atau pengujian guru berdasar portofolio adalah kerangka kerja atau konteks untuk proses pembelajaran siswa secara akrab dan individual. 
dan bahwa tes standar tidak dapat mengungkapkan hal baru apapun tentang anak mereka. 


Dalam buku ini juga diterangkan sepuluh langkah proses portofolio (untuk guru):
  1. membuat kebijakan portofolio
  2. mengumpulkan contoh contoh karya
  3. membuat foto
  4. menggunakan catatan refleksi belajar
  5. mewawancarai anak anak
  6. membuat catatan sistematis
  7. membuat catatan anekdotal
  8. menyipkan laporan naratif
  9. mengadakan konferensi 3 arah
  10. menyiapka portofolio turunan
hmmm..gak semuanya saya pake sih sekarang cuma nomer 2, 3, kadang 4, dan 5 trus nomor 7


ini contoh lapbook

ini karya anak yang dipajang *dipintuuu

iniiiii hehehe bunda ngeprint target anak usia TK..tapi gak pernah dipake

map anak anak, isinya karya anak anak setelah proses seleksi, ada kantungnya juga untuk karya 3D
anak anak juga ikut menyusun portofolio mereka sendiri. 


portofolio adalah suatu konteks dimana anak anak memikirkan ide ide dan pengetahuan yang ia peroleh dimanapun.

anak anak yang berpengalaman merefleksikanpengalaman mereka, mengamati sampel sampel karya mereka, dan memikirkan cita cita mereka, secara bertahap belajar menetapkan tujuan akhir pembelajaran mereka sendiri

Jumat, 17 Mei 2013

bagaimana membuat botol " I Spy " ?

I spy bottles..



adalah botol yang berisi biji bijian atau manik kecil atau batuan atau pasir atau beras lalu didalamnya kita isi lagi dengan benda benda yang harus dicari oleh anak kita




 ada yang menyertakan daftar benda yang harus dicari, ada yang langsung tematis misal I Spy bentuk seperti yang saya buatkan untuk pesanan busy bag Farrasnya Ophie.

Selasa, 14 Mei 2013

bagaimana membuat panggung boneka sendiri?



hihihih..sering kan ngalamin juga..lagi sibuk dibelakang, teruus

 anak anak mondar mandir gedebak gedebuk..
tiba tiba.. 


tarrrra


 sudah jadilah panggung boneka dari kursi ditumpuk, sapu dan jarik simbah
dan penontonnya bahkan sudah penuuuh wkekeke


assalamu'alaikuuum aku kodoook..
aku pandaaaa 

kamu..kamu siapaaa?

Jumat, 10 Mei 2013

bagaimana cara membuat cupcake yang tak bikin gemuk?

buatlah
lalu lihat aja
jangan dimakan

pasti tak akan gemuk

hihihi
cupcake ini untuk aktivitas busy bag anak anak kok
jadi memang tak akan bikin gemuk
kecuali maininnya ama makan junkfood dan anak anak kita gak olahraga..


buat cetakannya di karton tebal

potong cetakan kartonnya dan pilih warna flanel yang akan dicetak



cetak dengan pinsil


gunting



buat variasi warna

tambahi taburan dan hiasan cupcake

tarraaa..cupcake busy bag is ready to use

berikut link downloadable cupcake 



Kamis, 09 Mei 2013

sudah bolehkah anak anak punya e-KTP sendiri?

oh oh tentu boleh (haaa) ini judul ngarang kok biar pada nengok aja

sering banget kan mereka membuka dan "mengadul-adul" dompet emak dan bapaknya?
kenapa tidak dibawakan sendiri? dompet, ktp, uang uangan..

bawa dompet ini saat di perjalanan..
di restoran menunggu pesanan..
di rumah..dimana aja boleh..



pertama:
siapkan dompet emak yang udah jarang dipakai..
(dompet yang punya banyak saku works well..)


 kedua: 
isilah dengan pernik berikut

kertas lipat
pita
paperclip dan magnet lembaran
stik eskrim
krayon
kertas lagi
karet warna
tebak tebakan
kartu atm (yang udah lewaaat ya)
kertas
kartu e-ktp rusak (e-ktp yang udah terlanjur dipotokopi berkale kele hahah ooh indonesia)
buku kecil
uang uangan- beneran juga boleh deh

cakep ya..

oh ya, kalau misalnya mau bikin kartu tanda pengenal sendiri, bisa kok,
ini link-nya

KTP cilik

Sabtu, 04 Mei 2013

jum'atan yukk?

eh sini sini salaman dulu ama bunda trus difoto yaa
*bundanya moto ama dleweran nangis terharu anaknya rapih
bersih, wangi.

 mau jumatan berdua aja 





assalamu'alaikum bundaaaa..
ehhh lupa bun.infaqnya mana?


jum'atan saat ada  Kakung

apakah kau punya dunia kecil sepertiku juga?

anak anak suka dunia kecil..
benda benda miniatur kehidupan, atau kesukaan..atau mimpi mereka
mereka suka membuat kebun binatang, jalan..taman dan tentu: peternakan.
kami pernah membuat peternakan dari kardus .ternyata berlanjut.
merka menambahi sendiri pernik pernak sang peternak

ditambahani daun beguguran dan apel jatuh untuk makan kuda

ini pohon apelnya dari stik eskrim dan flanel

eh ada selang air juga dari sedotan, wol..segarrr kudanya bisa mandi..

Jumat, 03 Mei 2013

haruskah marah ? (bag 2)


ini lanjutannya ya..tentang manajemen marah..

saya ingat betul yang berikut ini karena sedang saya alami juga :

kenapa anak jadi leleeet banget? menunda segala kegiatan?
kata bu Ira..ada yang salah dengan cara, bentuk komunikasi kita. ada yang salah.
coba kita lihat dan sesekali merekam diri sendiri, dalam bentuk video, foto, atau suara..

apakah kita tipe penasehat? yang segala sesuatunya harus sesuai aturan tak boleh salah?
dari pagi bangun ampe tidur ceramah? *hahaha tertawa kecut..astaghfirulloh.

tiap kebaikan memang membutuhkan kesabaran dan pengulangan..namun ada tahapnya, sebaiknya tiap kebaikan diapresiasi, dan dipupuk satu demi satu. maksudnya: ketika ingin membentuk anak kita lakukan satu demi satu target, misalnya anak keluar masuk mengucap assalamu'alaikum..atau sholat tepat waktu di masjid..ya sudah lakukan satu demi satu ..sampai terbiasa dahulu, baru menambah target kebaikan lain.

kenali juga apa pemicu marah kita sebagai ibu:
apakah kelelahan? apakah tanggal tua?  apakah ada kekecewaan terpendam?
kita tak akan bisa menyelesaikan masalah marah ini bila belum selesai dengan diri sendiri.

apakah  kita merasa ini sudah tak bisa diubah lagi? sebenarnya bisa, amat bisa. benarkah kita hanya akan merasa puas dengan marah? bukankah yang akan hadir setelah marah itu hanya satu: penyesalan?

*sambil mondar mandir sana sini ngurusin sertifikat, dan ganti popok Tuhfa, dan nemenin anak anak ikut lomba mewarnai, dan makan rujak cingurnya RM. Glenmore-Ubin tempat acara berlangsung..-enak lho- saya menyimak sambil sesekali kedip kedipin si ayah yang juga mendengarkan..hehehe..sambil juga pegangan takut pengsan karena rasanya kaya dipukuli ko ama paparan bu Ira

ketika ada satu hal yang sudah amat memancing marah kita misalnya anak yang nangis dan marah tak mau berhenti karena tertahan keinginannya, kita sudah mencoba bersabar namun anak seperti mencari-cari masalah lain lalu anak sampai berteriak: "denger gak sih bunda tuli! bego! *ini contoh kasus ya bun..yang udah dipol-polin yang bener bener kita jadi marah ya ..apa yang kita lakukan? memukul? mendorongnya ke kursi? namun semua yang dilakukan secaar emosional tak akan ada hasilnya..anak bisa jadi makin tak terkendali.meskipun bisa juga diam dengan dendam membara di hati.dia juga menilai kita, kita marah atau tidak? jika marah juga ini berarti pembenaran bagi perilaku marahnya, anak tak akan merasa bersalah jika dilain waktu menjadi mudah marah pada orang lain..nha wong bundanya juga mudah tersulut emosi.

senantiasa ada pilihan, mengapa tak dimulai dengan tanpa emosi?
bukan berarti tak boleh marah. kita masih boleh marah, namun tetap terkendali. memang perlu usaha ekstra untuk menahan emosi, namun bisa dilakukan siapa saja yang mau berusaha.

tentukan dulu target marah yang tepat:
pertama, timbul perasaan tak nyaman dalam hati anak sebagai akibat dari perilakunya, hingga ia mengerti itu salah.
kedua, anak paham bahwa tindakan salahnya membawa akibat negatif baik untuk dirinya maupun orang lain, itu sebabnya ia tak akan mengulanginya lagi.

jangan pasang target terlalu rendah, hingga anak tetap santai dengan sikapnya yang cuek dan ketus, atau bahkan pergi meninggalkan kita tanpa terpengaruh sedikitpun?
dan berhentilah marah jika target telah tercapai. jangan berlebihan menyemprot dengan kata kasar padahal anak sudah lama diam dari kemarahannya, bahkan sampai menunduk ketakutan karena kemarahan yang tak kunjung usai.

oke, setelah setuju tak akan marah dengan emosi dan target jelas sudah dipasang, berikut pilihannya untuk menghadapi kata :"denger gak sih bunda tuli! bego!"
  1. marah dengan SABAR:" bunda tak suka dengan kata katamu yang kasar. itu sebabnya bunda tak mau mendengarkan." konsep marah dengan sabar adalah mengabaikan permintaan anak yang berlebihan. dibalik kesabaran ini, orangtua harus menunjukkan ketegasan untuk bertahan tidak berubah pendirian. tunjukkan pada anak bahwa mereka tak bisa menggunakan tangis dan kemarahan untuk menyetir orangtua. bertahanlah..hingga kemarahan itu reda karena mungkin kelelahan
  2. marah secara ISLAMI:" astaghfirullah..." membalikkan badan menghadap ke anak, menghampirinya, namun sebelum marah duduk disamping anak.
  3. marah dengan DIAM: menjawab dengan santai " bunda dengar, tapi tak suka dengan caramu marah, jadi bunda diam saja"
  4. marah TANPA MENYNGGUNG HARGA DIRI
  5. marah dengan SEIMBANG: marah ini akan cukup membuat kemarahan menjadi efektif dengan membagi marah menjadi 2 tahapan: setengah menit pertama adalah marah apa adanya tana menyalahkan citra diri anak. setelah tahap ini ambil waktu JEDA tenangkan hati dengan melakukan nafas panjang-istighfar-berdzikir.tahap kedua angkat kelebihannya:"nak, coba konsentrasi dulu dengar kata kata bunda"-JEDA- "kamu memang kakak yang dibanggakan adik adik kata katamu selalu dituruti jadi beri contoh yang baik untuk mereka ya"
yuuuuk berlatih marah yang benar ama saya ya emak bunda ibu mama ayah bapak papa
<photo id="1" />

Bagaimana membuat papan tempel untuk flanel?

flanel dan amplas..bisakah berteman?

awww awww mana bisa..
satu kasar satu berbulu begitu nanti nyangkut melulu..


buat bentuk bentuk dasar dengan kain felt
lalu cetak dengan warna yang sama pada amplas dengan oil pastel

cocokkaaaaan

bisa juga dengan bermacambentuk begini:
huruf hijaiyah dan lingkaran lepas pasang untuk  a ba ta tsa
tali wool
mengurutkan besar kecil
lepas pasang wajah


once see it on Allie's pinterest
http://www.notimeforflashcards.com/2013/03/sandpaper-and-felt-shape-matching.html

bekas wadah telur jadi laba laba?

begini deh kalo dirumah ada pengumpul sampah..


pasti banyak l.a.b.a.l.a.b.a 



warnai bagian dalam wadah telur dengan cat poster

potong potong jadi seperti ini


pasang mata dan kaki pipecleaner


and our fav video of Incy Weency



http://www.youtube.com/watch?v=AQZNBkdxCMY

bagaimana membuat blog lebih bermanfaat?


suatu ketika saya membaca kisah kelapa dan burung (dan satu lagi apa lupa :P )  dari Tere Liye. intinya...kelapa ini memang tak bisa pergi kemana mana seperti burung..ga bisa keluar negri, ga bisa ke pulau lain..ya udah disituuuu aja..naaah ketika bertemu lagi dengan burung dan temannya yang bisa bepergian kemana mana dan bercerita tentang banyak hal diluar sana bercerita tentang keindahan tempat tempat yang namanya saja baru didengar kelapa..kelapa ternyata baru sadar, ia memiliki kelebihan lain yang tak disangka sangka: buahnya. 

buahnya berkelana...mengapung hingga jauuuh menyebrangi lautan dan samudra..tumbuh di tempat yang asing, dan menjadi manfaat bagi tempat barunya.

saya tergugu. ini kok seperti perasaan saya. yang pingin sekali bisa melihat tempat tempat lain diluar sana, mupeng liat teman kuliah diluar negri, iri melihat orang lain mainan salju (hayyyah padahal alergi dingin), pengin merasakan perjuangan orang yang jauh dari tempat lahir dan tumbuhbesarnya.

tapi ternyata kelapa ini bisa berbuah dan melanglang buana..bisa pergi ke pulau pulau lain..berarti saya juga bisa. menebarkan manfaat meskipun mungkin belum seberapa. 


blog saya ini awalnya untuk catatan ringan (emang bisanya ringan) keluarga selama proses home education. juga untuk menyimpan tautan tautan bermanfaat terkait HE anak anak dan kami orangtuanya.Lalu mulai masuk beberapa kegiatan yang saya harap bisa jadi ide bagi sesama keluarga muda (uhuk uhuk)..karena ya saya  bisanya utak utik begini ama anak anak..ga bisa kalo bahas yang filosofis atau yang dalam dalam.

misalnya : 
bagaimana cara menyablon kaus dengan kertas amplas dan crayon, bagaimana membuat pasir warna, bagaimana mengembangkan aktivitas bersama dengan sebuah buku, dan pingiiiin bikin tutorial busy bag berkelanjutan. selama ini cari cari tentang busy bag nyambungnya di blog bahasa inggerris, jadi ingin bikin blog tutorial busy bag yang berbahasa indonesia.


eeeeh kok ada giveaway belajar bikin blog dari mb Lala...tidak tidak tidakkk....ini keren sekali!!!
semua materi yang pingin kupelajari ada disini: dari blogging fundamental, merencana ampe gimana bikin back up.

ada materi yang perlu banget kupelajari: mengolah foto, audio, video, integrasi dengan media sosial dan social media button. mengolah foto, karena emang lebih enak foto yang bicara daripada baca tulisan saya kepanjangan gak jelas mengolah audio karena pingin bikin rekaman storytelling (haaa maunya banyaak amat).

udah sering sih utak atik blog, tapi sering nyasar dan buntu huehehehe contohnya gimana supaya foto kita otomatis keluar tanda Pinterest-nya..lha kok kode kode aneh macam >b-skin>>:$4@@#$5 ini harus digimanaiiiiin..yang ada mandeg bikin tutorial dan mumet ama template dan design..jadi ini passss banget, ini struktur pembelajaran lengkapnya: workshop-online-membuat-blog-berbasis-blogger



semoga nanti blog ini bisa lebih bermanfaat ,lebih lengkap dan tambah mudah diikuti, juga tambah cantiiik..cocok deh ama Digital Mommie: dari rumah menjangkau dunia ^^. aamiiin.


Entri Populer