Sabtu, 31 Maret 2012

bagaimana cara memakai sarung sendiri?



Hamza belajar dari ayah pada suatu sore..

Saking senangnya pakai sarung sendiri,

Hamza memakai...terus bilang 

"mmm  kok lepas ya"

trus makai lagi...terus bilang lagi 

"waaah melorot" 

terus makai lagi dari awal.



Kamis, 29 Maret 2012

apa yang kau kenang tentang keluargamu?

Pa, Bu', aa, oiz dan saya



pernahkah..mengalami hal semacam ini? Bergelungan di atas kasur bersama seluruh keluarga. bicara bicara saja dan tertawa bersama? bukankah hal hal seperti itu yang terkenang dan melekat erat? bagaimana jarang marahnya sang bapak, atau betapa enaknya diperhatikan saat kita sakit, lidah begitu pahit dan sang ibu menyuapi sayur sesendok demi sesendok dengan tatapan khawatir? 

saudara yang saling menyayangi..meski kadang tak sengaja menyakiti (saya pernah sengaja mencoba-karena ingin tahu- korek itu setelah ditiup tak berapi lagi masih panas atau tidak trus tak-tempelkan ke pipi ois...ternyata panas..karena dia nangis dan tak memaafkan saya ampe sekarang >.< dan rendi pernah jatuh dari closet karena saya yang ditugasi memegangi malah pergi..) 

....hanya ingin menulis saja...setelah kemarin pulang..dan rasanya menyenangkan...semoga Allah mempertemukan kita kelak di syurgaNya...amin





Rabu, 28 Maret 2012

apakah isu parenting penting untuk anak muda?

namanya Danti...anak anak memanggilnya amah Danti.

Saat itu awal saya bekerja, dan saya mencari fasilitator untuk menemani mereka selama saya dan ayahnya tak dirumah. paling tidak selama aktivitas pagi.

susahnya...

susahnya mencari anak muda bersemangat yang mencintai anak anak.
mencintai AlQur'an..

setelah menghubungi beberapa orang yang terpercaya, dan sempat bersama seorang fasilitator bernama amah Poppy yang lembuut  lalu kami dipertemukan dengan amah Danti (temannya Poppy).

Dan kisah persahabatan kami dimulai. sebenarnya saya jarang bisa bertemu dengannya. Pagi pagi saya sudah berpamitan ke sekolah, dan sorenya saat saya pulang amah Danti sudah pulang ( saat itu anak anak ditemani hingga jam makan siang dari jam 8 pagi). Jadi kami kontak sekali sekala saja, atau sms, atau lewat journal harian anak anak (dan ternyata ditulis di blognya..terima kasih ya amah.

Tapi ada rasa dekat... dan justru sekarang ini saat kami sudah jauuuh di jakarta, dan sebentar lagi amah Danty akan pindah ke Kalimantan bersama suami . oh ya mereka baru nikah kemarin lhoooo tanggal 25 maret 2012: Barokallahu laka wa baroka 'alayka wa jama'a bainakuma fii khair. Alhamdulillah masih diijinkan Allah untuk bertemu dengan amah dan keluarga. Sayangnya belum bertemu suami amah yang begitu beruntung karena mendapatkan istri yang peduli pendidikan anak sejak usia muda. sejak belum menikah, sejak masih sibuk kuliah.

jarang..

saya jarang bertemu dengan type anak muda yang begini.

mungkin mereka, para muda yang peduli pada pentingnya tema tema parenting tidak banyak. namun ada.
dulu saya pun tidak termasuk didalamnya (*menyesalll) baru saya sadari kini bahwa doa memohon agar mendapat keturunan yang shaleh itu justru harus dilakukan jauh jauh hari sebelum pernikahan. hingga kemudian dengan ijin Allah, kita akan dipertemukan dengan pasangan yang satu visi, yang diridhoi Allah untuk mewujudkan keluarga rabbani. keluarga yang menjadikan Allah sebagai Cinta tertinggi, Rasulullah sebagai teladan terdekat di hati.

Terasa banyak kebaikan yang terwujud apabila kita merencanakan kebaikan itu jauh jauh hari. Saya ingat betul saat baru menikah hidup saya penuh kekagetan. Krena saya tidak serius belajar memasak: saya kaget tiap hari merasakan hasil masakan saya yang ajaibh..., Karena tidak pernah baca baca buku dan dekat dekat orang hamil, setelah hamil kaget: kenapa saya muntah sore, bukannya sebutannya morning sickness? Karena tidak bersiap punya anak, setelah anak lahir saya kaget lagi: bagaimana bisa mahluk kecil dan tampan ini bangun lama minta ASI justru malam hari...dan buang air kecil bisa begitu sering (dan pancarannya jauuuh sekali hehehe)...kaget ketika ia panas, apa yang harus dilakukan.
Tidak nyaman hidup yang reaktif seperti itu, percayalah lebih baik kita persiapkan menjadi ibu jauh hari, kita persiapkan jadi ayah jauh hari..mari ajak anak anak kita untuk bercita menjadi ayah yang shalih, ibu yang shalihah..kita persiapkan generasi muda yang bukan hanya peduli dirinya sendiri, namun juga bagaimana menata masa depan dari kokohnya keluarga.

amah Danti...kami mencintaimu karena Allah...doa dari jauh...jazakumullah khairan  katsiran atas kesabaran amah...ketelatenan, muroja'ah ar Rahman...dan kebaikan kebaikan yang membekas pada anak anak..we'll miss you...



Rabu, 22 Februari 2012

buku cerita sains untuk anak? bagaimana bisa efektif?

Kumpulan Cerita Sains Untuk Anak


Beberapa waktu lalu, (lupa nulis tanggal beli di bukunya)..kami membeli buku ini disalah satu toko buku  di Depok. Dari ngeliat sampulnya aja udah naksiiir banget. Sudah lama saya mencari buku cerita sains seperti terbitan BIP ini. Ternyata buku ini karya penulis dan ilustrator Korea. 

Pernah membaca dalam  lessonplan science di UK, mereka memakai berbagai macam buku lalu dikaitkan dengan tema yang dibutuhkan. Jadinya mengalir alami sekali, dari membaca bersama murid tentang kisah tiga hewan yang berebut apel menjadi belajar tentang push and pull. Dari membaca tentang kisah burung hantu menjadi belajar tentang Light and Dark..kadang didramakan bersama..lucu deh ^^
Bahkan ada penerbit yang khusus menerbitkan cerita fiksi tapi terkait kurikulum Nasional Inggris..jadi anak anak mereka serasa gak  baca buku paket yang boring tapi "cuma" baca buku cerita aja ..menyenagkan ya?


jelas dan besar gambarnya

ada halaman khusus berisi fakta 

foto foto terkait tema cerita

kata-katanya tak terlalu banyak dan mudah dicerna anak

Contohnya cerita "Membuatmu hangat" ini. Ini cerita kesukaan Hamza. Diulang berkali kali tiap mau tidur. ceritanya tentang seekor ayah bebek yang menyambut "penetasan" anak anaknya..didalamnya mengalir cerita tentang bagaimana udara hangat mengalir dari tubuh induk ke telur, bagaimana logam lebih cepat panas daripada kayu, bagaimana air panas dan dingin bercampur menjadi hangat.

naaah setelah membaca buku ini kita bisa ajak anak kita membahasnya dengan cara menyenangkan. tanyakan apa yaaa yang bisa membuat hangat? bedanya tidur di kasur dan di lantai? Bisa sampai kemana mana: kalau bebek mengerami telur, kalau manusia? hehe sesuka yang nanya deh..


benar benar pilihan gambar dan warnanya membuat hangat

Lucu banget kan?

satu buku berisi beberapa cerita dengan ragam  tema sains, penulis dan ilustratornya juga berbeda

..ternyata rasa ingin tahu bisa berkembang dari cerita cerita ya?  

Bagaimana agar efektif? wah bagimana ya..baca baca baca..bicara bicara...tanya tanya..coba coba..perhatikan sekitar..dan bersenang senanglah..

Ingiiiin sekali menulis buku seperti ini. Yang berbasis Al Qur'an..



Rabu, 15 Februari 2012

how to make bokeh photography?

Menemukan kata bokeh ..hehe aneh ya namanya
jadi tambah pingin bisa belajar fotografi serius..

bokeh ternyata berasal dari bahasa Jepang.
Artinya : ...kabuuuuurrrr

Ini contoh foto bokeh dari orang pintar:


kalo boleh tahu beli kopi yang uapnya begini dimana?




 Kalo ini hasil foto saya..kabur sendiri tanpa disengaja


keren kan..kan?

Selasa, 14 Februari 2012

apakah kamu suka kuda sepertiku?


Inilah video kesukaan Hamza..
Jika diajak memilih buku ..Hamza akan memilih kuda
Jika melihat mainan Hamza memilih kuda..
Jika disebut kata kuda jantungnya berdetak lebih cepat
Dan betapa senang hatinya..dalam Al Quran pu ada kisah tentang kuda :)

Hamza juga ingin memelihara kuda..
lihat sikat kamarmandi di toko dia minta beli
"Beli bun..untuk menyikat kudaku.."
lihat selang Hamza juga minta
"Untuk memandikan kuda.."

Tiap anak mungkin punya "kegilaannya" sendiri..
ada yang amat suka mobil..kereta api..rambu rambu..

Apapun kesukaan mereka, semoga kita bisa memahami mereka..
bisa mendekatkan banyak hikmah dari hal hal yang mereka suka..

Saya ingat dulu ada salah seorang murid saya yang luar biasa pemarah..
amat sulit diajak bekerja sama..setelah diamati..dia amat suka Thomas (kereta api biru)
dari membaca bukunya saya ajak bicara..hatinya mulai terbuka..bahkan mulai bercerita
bagaimana sedih hatinya sering dikurung dikamar mandi oleh papanya :(

Dari apa yang anak suka lebih mudah kita belajar bersama...
bahkan mungkin untuk hal hal yang sulit tercerna..

bagimana cara membuat pasir warna sendiri?


Sebenarnya bukan pasir...garam.
Anak anak melihat pasir warna disalah satu toko buku lalu penasaran
Jeda cukup lama hingga bunda menemukan cara membuat garam warna di  blog rumah sains Ilma

1. siapkan garam halus
2. beri pewarna makanan
3. jemur sampai kering
4. gunakan!!!!

Minggu, 29 Januari 2012

mau download materi sains sd kelas 1 gratis?

materi ini saya buat berdasar kurikulum Inggris yang sampai saat ini masih terus saya pelajari, masih banyak sekali kekurangan, dan saya mengharap masukan dari teman teman ya...silahkan unduh semoga bermanfaat

Science-Book1


Iya..kenapa sok Inggris, emangnya di Indonesia tidak ada yang bagus untuk diangkat? mmm sementara ini kalau masalah kurikulum...ya. Sebenarnya banyak kurikulum negara lain yang juga bagus, hanya saja saya baru mendalami satu macam kurikulum ini, itu saja tidak semua subjects. National Standard memang nampak lebih simpel dan mudah dibanding padatnya kurikulum Indonesia.

Inti dari mempelajari National Standard adalah mempelajari RUH tiap unit, tiap subject. Misalnya belajar science, maka sebelum membuat segala macam lessonplan, yang harus didapat adalah ruh-nya. Ruh Science ada di Scientific Inqury-nya. Sebenarnya saya yakin tiap kurikulum perlu didekati dengan cara yang kurang lebih sama: mencari ruh dari tiap unit, tiap pelajaran..karena tiap anak dalam satu kelas yang sama, bahkan satu meja-pun tak sama: mereka punya cara padang pemahaman, pendekatan  yang berbeda jadi tiap guru atau fasilitator harus benar benar memahami hal ini. Setelah memahaminya maka akan lebih mudah bagi kita membuat assessment terhadap tiap anak karena targetnya bukan nilai sempurna namun bagaimana anak anak memahami inti pelajarannya.

Entri Populer